Seminar dan Gelar Produk Mahasiswa: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Matematika di Era 5.0

June 13, 2024 by
Hafis

Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare - Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Matematika IAIN Parepare menyelenggarakan kegiatan Seminar Pendidikan Matematika dan Gelar Produk Mahasiswa Matematika dengan tema "Transformasi Pembelajaran Matematika di Era 5.0 untuk Meningkatkan Kualitas Mahasiswa dalam Pembuatan Karya Tulis Ilmiah". Acara ini diselenggarakan Selasa-Kamis, 11-13 Juni 2024 di Aula Balai Seni IAIN Parepare dan dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari Tadris Matematika IAIN Parepare serta STKIP DDI Pinrang.

Acara ini menghadirkan empat narasumber ahli yang menyampaikan materi penting terkait transformasi pembelajaran matematika. Hartina Husain, M.Si., dosen Matematika Institut Teknologi Habibie Parepare, membawakan materi tentang "Optimalisasi Teknologi pada Inovasi Pengembangan Media Pembelajaran". Dr. Sriyanti Mustafa, S.Pd., M.Pd., dosen Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Parepare, menyampaikan materi mengenai "Pengembangan Kurikulum Matematika yang Responsif terhadap Perubahan Zaman". Abdul Razzaq, M.Pd., dosen Pendidikan Matematika STKIP DDI Pinrang, membahas "Membangun Minat dan Kecintaan terhadap Matematika melalui Aktivitas Kreatif". Dr. Buhaerah, M.Pd., dosen Tadris Matematika IAIN Parepare, membawakan materi tentang "Transformasi Pembelajaran Matematika di Era 5.0".


Ketua Program Studi Tadris Matematika, Dr. Buhaerah, M.Pd., memberikan komentarnya mengenai kegiatan ini. "Seminar ini merupakan langkah strategis dalam menghadapi tantangan era 5.0. Dengan mengoptimalkan teknologi dan inovasi dalam pembelajaran, kita dapat meningkatkan kualitas pendidikan matematika dan membekali mahasiswa dengan keterampilan yang relevan untuk masa depan," ujarnya.

Selain seminar, kegiatan ini juga menampilkan Gelar Produk Mahasiswa, di mana hasil karya mahasiswa dari mata kuliah Matematika Diskrit, Teori Graph, dan Pengembangan Kurikulum dipresentasikan dalam bentuk x-banner. Setiap mahasiswa menjelaskan proses dan hasil karyanya kepada para dosen dan peserta seminar, menerima masukan yang konstruktif untuk pengembangan lebih lanjut. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk menunjukkan kemampuan akademis, tetapi juga melatih keterampilan presentasi dan komunikasi mahasiswa.


Ketua Panitia, Musrifhatul Auliyah, juga menyampaikan pandangannya. "Kami sangat berterima kasih kepada para narasumber dan peserta yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Seminar ini diharapkan dapat menjadi platform bagi mahasiswa untuk memperluas wawasan dan mengembangkan kemampuan mereka dalam membuat karya tulis ilmiah yang berkualitas," ungkapnya.

Mahasiswa dan dosen dari kedua institusi, Tadris Matematika IAIN Parepare dan STKIP DDI Pinrang, berinteraksi dalam sesi tanya jawab yang aktif dan produktif. Mereka berdiskusi tentang berbagai tantangan dan peluang dalam transformasi pembelajaran matematika di era digital. Kolaborasi ini memperlihatkan semangat untuk saling belajar dan bertukar pengalaman demi peningkatan kualitas pendidikan.


Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh peserta, meningkatkan minat dan keterampilan mahasiswa dalam bidang matematika, serta mempererat kerjasama antara institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Melalui seminar dan gelar produk ini, mahasiswa dapat belajar untuk berkomunikasi dengan baik, menerima umpan balik, dan terus memperbaiki kualitas karya mereka.

Dengan semangat kolaboratif dan inovatif, kegiatan Seminar Pendidikan Matematika dan Gelar Produk Mahasiswa ini menjadi langkah penting dalam menciptakan generasi penerus yang siap menghadapi tantangan global dengan kompetensi yang kuat dan berdaya saing tinggi. Program Studi Tadris Matematika IAIN Parepare berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa guna meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang matematika.